Tuesday, 26 July 2016

Tempe, Makanan Rakyat Namun Mendunia



Tempe - Jika anda berpikir bahwa tempe merupakan makanan untuk kelas menengah kebawah atau orang pinggiran, maka buanglah jauh-jauh pikiran tersebut. Tempe merupakan makanan asli indonesia yang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Tempe menjadi makanan yang kaya akan nutrisi serta mempunyai banyak khasiat yang berguna dalam mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit yang ada pada tubuh kita.

Berbagai penelitian di negara-negara maju mengemukakan bahwa senyawa pembentuk tempe sangatlah positif. Dengan adanya penelitian positif tentang tempe ini, sekarang banyak negara-negara maju menampilkan kreasi resep cara mengolah tempe yang kaya akan nutrisi ini menjadi makanan yang lezat dan bernilai tinggi. Lalu seberapa besarkah istitimewanya tempe sehingga sekarang ini sudah dikenal di berbagai elahan dunia?

Tempe merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai dengan kapang rhizopus atau biasa kita kenal ragi tempe, yaitu sejenis jamur yang dapat mengurai protein yang terdapat pada kacang kedelai menjadi asam amino sehingga akan menjadi lebih murah untuk diserap oleh tubuh. kandungan protein yang terdapat pada tempe dan kedelai itu berbeda terutama pada proses penyerapannya. Tempe telah melalui proses fermentasi oleh jamur Rhizopus Oligosporus sehingga protein yang terkandung di dalamnya telah mengalami proses degradasi oleh jamur sehingga akan memudahkan penyerapan oleh tubuh kita. Oleh sebab itu tempe menjadi makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua kalangan maupun usia dari bayi sampe lansia.

Kandungan Nutrisi Di Dalam Tempe

Tingginya nilai mutu gizi yang terdapat pada tempe memungkinkan untuk mengkombinasikan atau menambahkan tempe dengan makanan yang berasal dari serealia dan jenis umbi-umbian. Misalnya dengan menambahkan tempe ke dalam menu hidangkan sehari-hari seperti nasi, jagung, nasi tiwul maka akan meningkat nilai mutu gizi makanan tersebut. Sepotong tempe dengan ukuran 50gr sudah dapat meningkatkan mutu gizi 200gr nasi.

Dengan mengkonsumsi kira-kira 2 potong tempe dengan ukuran 100gr sudah mampu meningkatkan kebutuhan protein dan asam amino harian sebesar 37%. Kandungan protein dan asam amino yang terdapat pada tempe ini sangatlah lengkap dan komplit. Antara lain glutamic acid, aspartic acid, arginine, leucine, proline, serine, alanine, isoleucine, threonine, tyrosine dan gycine.

Pada saat proses terjadinya fermentasi tempe terjadi peningkatan level ketidakjenuhan lemak sehingga kandungan asam lemak tak jenuh dalam tempe sangatlah baik. Bahkan pada 2 potong tempe dengan ukuran 100gr mengandung 220mg asam lemak omega 6. Tempe merupakan salah satu sumber vitamin B yang sangat bagus. Bahkan tempe menjadi salah satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari bahan nabati. Bagi para kaum vegetarian tempe merupakan alternatif pengganti dari daging. Beberapa vitamin lain yang terdapat pada teme antara lain vitamin B1, B2, B6 asam folat, niasin, dan asam pantotenat. Kandungan mineral yang terdapat pada tempe antara lain tembaga, fosfor, magnesium, besi, potassium, kalsium dan zinc.

Beberapa manfaat dan khasiat dengan mengkonsumsi tempe antara lain :
  • Makanan dengan sumber protein yang sangat tinggi karena di dalamnya terdapat 18 jenis protein serta asam amino yang sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Bagi yang sedang menjalani diet, para atlet binaraga, serta para kaum fitness tempe sangatlah cocok untuk dikonsumsi.
  • Dapat menetralkan kolestrol jahat yang ada pada tubuh karena pada tempe mengandung lemak tak jenuh majemuk, omega 3 dan 6 serta niasin sehingga dapat mengurangi resiko terkenanya serangan jantung.
  • Sumber dari vitamin B yang sangat berguna untuk proses metabolisme sel darah merah, kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan dan fungsi sistem syaraf serta mencegah terjadinya anemia dan kanker pankreas.
  • Penangkal radikal bebas yang tidak baik oleh tubuh kita
  • Mencegah terjjadinya anemia karena tempe memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi serta mudah diserap oleh darah.
  • Merupakan zat antibiotik dan antibakteri terhadapa infeksi yang disebabkan oleh bakteri E Coli yang dapat menyebabkan kolera dan diare.
  • Dapat mengendalikan kadar gula darah yang ada pada tubuh kita karena tempe mengandung serat yang tinggi. Cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.
  • Sebagai salah satu zat penawar saat terjadinya keracunan logam berat
  • Dapat menurunkan kadar lemak yang terdapat dalam darah
  • Dapat mencegah timbulnya gejala kembung perut 
  • Merupakan makanan yang sangat mudah dicerna oleh semua kalangan dan kelompok umur dari usia bayi sampai pada lanjut usia.
Dengan banyaknya manfaat dan khasiat yang terdapat pada tempe kita juga harus memperhatikan dalam mengolah tempe tersebut agar kandungan nutrisi, vitamin dan mineral tidak berkurang. Masaklah tempe dengan cara direbus, dibacem, disemur atau sebagai salah satu campuran sayur sup. Jika anda memasak tempe dengan cara digoreng maka akan menghilangkan berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Tempe, Makanan Rakyat Namun Mendunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi Susanto

0 comments:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"