Thursday, 16 June 2016

Pola Makan Saat Puasa Tiba


Pola Makan Saat Puasa Tiba - Saat ini kita sedang dalam bulan suci ramadhan. Di dalam bulan ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa bagi orang islam. Terus bagaimana pola makan saat sedang menjalankan puasa? Berikut ulasannya.

Puasa berbeda dengan diet, bukan juga cara untuk mendapatkan tubuh proporsional. Puasa menjadikan kita belajar mengenai cara menyusun pola makan yang benar yaitu pola makan yang sehat dan seimbang setelah sebelum puasa kita mengkonsumsi makanan yang kurang baik untuk tubuh kita. Saat puasa tubuh kita memerlukan beberapa nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Berikut paparan oleh praktisi gizi dan olahraga.
  • Saat berbuka puasa hindarilah mengkonsumsi makanan yang berasal dari sumber protein hewani. Karena di dalam makanan tersebut terdapat asam lemak yang sulit dicerna oleh tubuh kita.
  • Makanan ringan berupa camilan yang berasal dari beras ketan sebaiknya dihindari karena serat larutnya sangat rendah.
  • Hindari makanan yang mengandung/memiliki sifat gas seperti, singkong, nangka, soda, tape, dan ubi.
  • Hindari Makanan yang terlalu manis, terlalu asam, dan terlalu asin.
  • Mengkonsumsi kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein sangat tidak dianjurkan karena akan merangsang naiknya asam lambung yang bersifat diuresis.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan makanan yang mengandung banyak lemak diminimalkan, karena jika dikomsumsi secara berlebihan akan mempunyai efek yang tidak baik bagi tubuh.
  • Berbukalah puasa dengan memilih makanan yang bisa mengembalikan kadar glukosa dengan baik berupa karbohidrat sedang yang diperoleh dari gula merah, madu, kurma, buah-buahan.
Pola Makan Bagi Yang Puasa
  • Saat berbuka, makan malam serta sahur, Saat kita akan memulai makan pastikan gizi dapat terpenuhi dengan baik serta tidak memberatkan kinerja organ tubuh terutama berkaitan dengan organ pencernaan. Saat puasa tentu cairan di dalam tubuh akan sangat kurang. Perhatikan cairan yang diperlukan oleh tubuh kita. Tubuh kita memerlukan minimal 40cc air atau setara dengan 2 liter air perhari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut anda dapat mengaturnya dengan saat berbuka puasa minum 1 gelas minuman manis diiringi dengan 1 gelas air putih. Begitupun dengan saat makan malam dan sahur. Anda dapat mengkombinasikannya dengan mengkonsumsi buh-buahan yang kaya akan kandungan air serta sayur-sayuran yang berkuah banyak.
  • Kebutuhan akan vitamin, mineral serta cairan saat menjalankan puasa harus tercukupi dengan baik yaiut dapat mengkonsumsi buah-buahan serta sayur.
  • Makanan utama saat makan malam dan sahur minimal harus memenuhi protein, karbohidrat, sayuran dan buah. 
  • Lakukanlah olahraga intensitas ringan disore hari menjelang berbuka puasa untuk meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik.
Pola Makan Bagi Yang Puasa Setelah Sakit
  • Untuk penderita diabetes, Konsumsilah makanan sesuai dengan kebutuhan dan kemapuan tubuh dalam memproses atau mengolahnya. Dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa manis penambahan gula sebaiknya tidak lebih dari 10%.
  • Bagi penderita hipertensi, Konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan kalium seperti pisang, apel, belimbing, atau kentang. Batasilah mengkonsumsi makanan yang mempunyai rasa asin.
  • Bagi penderita asam urat, Hindarilah makanan yang mengandung unsur daging dan jeroan.
  • Penderita diabetes melitus, Perlu mendapatkan perhatikan khusus ketika anda mempunyai riwayat penyakit ini. perhatikanlah jenis sayur-sayuran yang akan dikonsumsi yang terdiri dari tipe A serta tipe B/C. Sayuran dengan tipe A yaitu sayuran yang kaya akan serat yang berfungsi untuk menurunkan respon insulin terhadap makanan. Dan aturlah makanan yang mengandung energi. Sayuran dengan tipe B/C yaitu sayuran yang kaya akan kandungan energi sebesar 25 s/d 50 kcal dalam setiap porsi sajinya.
Teknik Dalam Mengolah Makanan
  • Kombinasikanlah dalam mengolah makanan yaitu dengan mengukus atau rebus dan dengan sedikit minyak yaitu dengan panggang atau tumis. 
  • Takaran garam dalam setiap sajian makanan harus diperhatikan terutama bagi penderita yang berkaitan dengan gangguan pada pembuluh darah. Anda dapat mengganti bumbu dengan menambahkan berbagai jenis rempah-rempah, misalkan kunyit, lengkuas, jahe, daun-daunan, dll

Pola Makan Saat Puasa Tiba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi Susanto

0 comments:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"