Wednesday, 20 April 2016

Diet Paleo, Diet Sejak Zaman Prasejarah


Diet Paleo - Bagi beberapa orang mendengar kata diet paleo mungkin akan terasa asing di telinga. Diet paleo merupakan diet yang sudah ada sejak jaman prasejarah. Paleo berasal dari kata Paleotik, yang artinya zaman prasejarah dimana oarang-orang pada zaman itu mengambil dan mengolah makanan langsung berasal dari alam.

Diet paleo tidak menyeramkan seperi artinya yaitu zaman prasejarah. Diet ini semakin popularitas dikalangan masyarakat karena dikenal dengan gaya mengkonsumsi makanan sehat. Kenapa dikatakan gaya mengkonsumsi makanan sehat karena masyarakat prasejarah yang hidup di dalam gua ataupun berpindah-pindah tidak mengkonsumsi makanan olahan. Mereka mengkonsumsi makanan langsung hasil dari alam.

Diet paleo ini fokus pada protein yang sehat dan bernutrisi. Hal ini tentu dapat membuat otot anda dapat berkembang dengan baik, badan menjadi ramping serta mendapatkan tulang yang sehat. Ketika anda mencoba menjalankan diet ini anda harus mempunyai disiplin yang kuat agar diet anda dapat berhasil dengan baik.

Jika anda ingin mempraktekan pola diet ini dirumah, ada beberapa gaya hidup yang perlu anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari anda :

1. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran sebagai menu utama dan sebagai lauknya

Buah-buahan dan sayur kaya akan vitamin, nutrisi, dan antioksidan yang dapat membuat sistem metabolisme pada tubuh anda dapat bekerja dengan baik. Manfaat lain yang terdapat pada buah-buahan dan sayur antara lain dapat melindungi dari berbagai jenis penyakit serta kaya akan serat.

2. Konsumsi daging tanpa lemak sebagai sumber protein

Dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak, anda akan terhindar dari resiko terkena penyakit jantung. Lemak yang terdapat pada sumber hewani mengandung lemak jenuh. Oleh karena itu sebaiknya kita mengkonsumsi daging tanpa lemak sebagai sumber protein agar aman bagi tubuh.

3. Jangan terlalu fokus pada apa larangan apa yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi

Ketika anda fokus pada masalah pantangan/larangan untuk anda konsumsi dan tidak maka anda akan merasa berat. Yang perlu ditekankan adalah janganlah mengkonsumsi makanan olahan/ makanan instan. Karena pada makanan olahan/ instan sangat tidak baik untuk tubuh anda.

4. Cocok bagi anda yang memiliki penyakit yang mengharuskan anda untuk menerapkan pola diet

Diet paleo ini sangat tepat bagi anda yang memiliki penyakit diabetes. Diet ini juga sangat aman bagi anda yang menderita penyakit jantung dan juga dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

5. Cocok bagi anda yang vegetarian

Diet paleo ini cocok bagi anda yang sedang menjalankan vegetarian. Pola diet paleo ini menawarkan versi pembatasan makanan yang sedikit. Anda dapat mengkombinasikan berbagai olahan buah dan sayur dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang besar.

6. Akan sangat terasa efeknya jika anda menjalankan diet ini secara benar

Bagi anda mengganti pola makanan yang lama dengan pola diet paleo tentu akan merasa sulit. Namun coba anda terapkan pola diet paleo ini secara bertahap. Anda dapat secara perlahan mengganti makanan yang berlemak jenuh dengan buah atau olahan sayur-sayuran. Ketika anda memulainya secara bertahap tentu dalam jangka waktu yang lama anda akan mulai terbiasa dengan menu diet paleo ini.

Pada pola diet paleo ini, anda diperbolehkan sesekali mengkonsumsi makanan cepat saji. Namun yang harus diperhatikan adalah makanan penutupnya. Makanan penutup ini haruslah bersumber dari buah-buahan atau sayur-sayuran agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga. Tentu makna diperbolehkan mengkonsumsi makanan cepat saji ini bukanlah tiap seminggu sekali, namun beberapa bulan sekali. Meskipun pola diet paleo ini sangat sederhana untuk anda terapkan, anda harus tetap cermat dengan apa yang anda konsumsi.

Cobalah menjalankan diet paleo ini selama beberapa minggu, setelah itu pustuskan apakah sangat bermanfaat buat diet anda serta energi yang meningkat. Kalau anda mengalami kesulitan, berkonsultasilah kepada ahli kesehatan dalam menjalankan diet paleo ini.

Diet Paleo, Diet Sejak Zaman Prasejarah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi Susanto

0 comments:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"