Monday, 7 December 2015

Bahaya yang Dapat Timbul Akibat Obesitas Pada Anak-Anak


Memiliki anak bertubuh gendut kadang merupakan kebanggaan tersendiri pada sebagian besar orang tua. Namun sebenarnya, kegemukan atau yang disebut dengan nama obesitas berbahaya untuk anak. Bahaya akibat obesitas bisa mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang anak. Gizi memang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun jika memberikannya secara berlebih, risiko yang timbul dapat membahayakan anak Anda. Sebagai orang tua, sebaiknya memberikan nutrisi dan gizi kepada anak sesuai dengan porsinya. Jika anak doyan makan, Anda tetap tidak boleh memberikan terlalu banyak makanan. Berikanlah sesuai porsinya agar obesitas tidak terjadi pada putra dan putri Anda.

Artikel kali ini akan memberikan informasi kepada Anda tentang bahaya akibat obesitas sehingga Anda bisa waspada dan lebih menjaga pola makan untuk kebaikan tumbuh kembang anak. Bahaya obesitas yang pertama adalah masalah pada jantung. Kesehatan jantung pada anak akan terganggu akibat terjadinya obesitas. Mengapa demikian? Tubuh yang sangat gemuk akan menyebabkan jantung anak bekerja lebih keras sehingga akan timbul masalah pada organ tersebut ke depannya. Masalah jantung pada anak karena obesitas menyebabkan kualitas hidup mereka menjadi rendah. Hal yang tidak pernah diinginkan oleh setiap orang tua, bukan?

Bahaya obesitas kedua adalah efek psikologis yang terjadi pada anak. Akibat tubuh yang terlalu gemuk, rasa percaya diri akan menjadi berkurang dan anak menjadi susah bergaul bersama teman-teman sebayanya dalam rangka bersosialisasi di masyarakat. Dengan demikian, sangatlah penting bagi setiap orang tua agar menjaga bentuk tubuh anak sejak kecil, sehingga pada masa depannya, mereka bisa percaya diri dan mudah bersosialisasi dengan lingkungan. Bahaya akibat obesitas yang ketiga adalah masalah persendian dan tulang pada tubuh. Kegemukan akan membuat tulang menjadi lebih sulit untuk membawa badan. Jadi, sebagian besar anak yang obesitas tidak aktif bergerak. Namun, jika sudah terlanjur terjadi, yakinkanlah pada anak agar terus bergerak dan beraktivitas secara teratur serta ajarkan mereka cara melakukan diet sehat agar berat badan bisa berkurang.

Terakhir, obesitas juga bisa menyebabkan risiko mengidap penyakit diabetes di kemudian hari. Anak yang menderita diabetes menurut penelitian akan berisiko menderita diabetes tipe 1 dan jika terus berlanjut, akan menjadi diabetes tipe 2 atau lebih dikenal dengan nama diabetes mellitus yang sangat berbahaya. Jadi mulai dari sekarang, ajarkanlah kepada anak untuk senantiasa menjaga kesehatan. Beri penjelasan kepada anak tentang pola hidup sehat dan menjaga pola makan sehingga nafsu makan pada anak pun bisa dikendalikan. Biasakanlah anak untuk sedikitnya berolahraga selama 15 menit setiap harinya agar tubuh tetap ideal dan jauh dari obesitas. Sekian informasi terkait beberapa bahaya akibat obesitas pada anak yang tentunya harus diketahui oleh semua orang tua.

Bahaya yang Dapat Timbul Akibat Obesitas Pada Anak-Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi Susanto

0 comments:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"