Friday, 30 October 2015

10 Jenis Makanan Sumber Protein Nabati Terbaik

Protein merupakan salah satu bagian penting saat anda menjalankan program diet selain lemak dan karbohidrat. Sumber protein tertinggi merupakan yang berasal dari protein hewani. Pada protein hewani terdapat kandungan yang lengkap, mencakup semua protein yang berasal dari protein nabati. Kandungan asam amino yang terdapat pada protein hewani mampu menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Tidak usah khawatir karena tidak mendapatkan sumber protein yang baik. Kita dapat memperoleh protein yang baik dan lengkap dari makanan yang mengandung protein nabati. Yaitu dengan mengkombinasikan beberapa makanan yang akan kita konsumsi dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Bagi anda yang sudah memilih untuk menjadi vegetarian, tentu tidak akan kesulitan dalam mencari sumber makanan yang berasal dari protein nabati. Menurut beberapa penelitian dalam Journal American Medical Assosiation menyebutkan bahwa bagi para vegetarian akan mempunyai kesempatan hidup yang lebih lama dibandingkan orang yang mengkonsumsi daging.

Berikut ini 10 jenis makanan sumber protein nabati terbaik bagi anda :

1. Kacang polong

Makanan yang masih tergolong dalam keluarga kacang-kacangan ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Setiap 100 gram kacang polong yang direbus memiliki kandungan protein sebesar 8 gram. Kacang polong juga memiliki kandungan asam amino yang tinggi sebesar 102. Inilah yang membuat kacang polong menjadi makanan spesial karena memiliki kandungan protein yang lengkap dan baik di konsumsi dalam memenuhi kebutuhan protein keseharian kita.

2. Kacang merah

Di indonesia kacang merah umumnya dikonsumsi ketika sudah benar-benar matang yang berupa kacang kering. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang merah antara lain kaya akan asam folat, kalsium, serat, karbohidrat komplek, dan protein yang cukup tinggi. Protein nabati yang terkandung dalam kacang merah memasok jumlah protein yang tinggi. Walaupun mengandung protein nabati yang tinggi, namun kacang merah tidak mengandung asam asmino esensial seperti yang terdapat pada protein hewani. Namun kekurangan itu dapat terpenuhi jika anda menggabungkan kacang merah dengan padi-padian agar kebutuhan asam amino tersebut dapat tercukupi.

3. Gandum

Gandum merupakan tumbuhan yang masih tergolong dalam keluarga serealis atau padi-padian. Terdapat kandungan karbohidrat, mineral, protein, dan vitamin di dalam gandum. Selain memiliki kandungan karbohidrat dan nutrisi, gandum juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Gandum dapat mencegah dari berbagai gangguan penyakit kronis seperti jantung koroner, diabetes, dan hipertensi. Selain itu gandum juga dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal cara penyimpanan dan pengolahan gandum juga harus diperhatikan supaya kandungan nutrisinya tidak hilang.

4. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi. Di dalam setengah cangkir kedelai terdapat kandungan 10 gram protein. Kedelai dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti tempe, yoghurt, tahu, dan susu kedelai yang kaya akan kandungan nutrisi.

Kandungan lain yang terdapat pada kedelai ini antara lain dapat membantu proses pencernaan. Bagi para vegetarian kandungan protein yang tinggi ini dapat menggantikan protein yang berasal dari protein hewani. Manfaat kedelai dapat membantu pembentukan sel-sel didalam tubuh.

5. Quinoa

Quinoa tergolong dalam keluarga biji-bijian. Jenis biji-bijian ini banyak dijumpai diwilayah andean, amerika selatan dan sebagian wilayah di spanyol. Quinoa memiliki kandungan protein yang tinggi serta memiliki kandungan karbohidrat dengan kadar lemak yang rendah.

Tak hanya memilki kandungan serat yang tinggi, quinoa juga memiliki kandungan gizi antara lain asam folat, vitamin B6 dan vitamin E. Quinoa melimpah akan kandungan asam amino esensial yang sangat bagi buat kesehatan. Dalam penyajiannya quinoa juga dapat ditambahkan sebagai bahan salad.

6. Kacang almond

Kacang almond merupakan makanan yang tergolong superfood. Di dalam kacang almond terdapat sumber nutrisi penting seperti vitamin, dan mineral. Kacang almond dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk salad.

Almond juga mengandung vitamin E esktra, vitamin B kompleks dan omega-3. Mengkonsumsi kacang almond setiap hari dengan porsi segenggam akan memberikan asupan protein yang tinggi. Manfaat lain dari kacang almond dapat menurunkan kolesterol, kesehatan kulit, dan perkembangan otak.

7. Jamur

Jamur dapat kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Dengan rasa yang enak dan unik banyak orang yang menyukainya. Manfaat jamur buat kesehatan antara lain dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit dan infeksi. Kandungan yang terdapat pada jamur antara lain protein yang tinggi, mineral, vitamin, asam amino, dan antibiotik alami.

Jamur yang ada di lingkungan sekitar kita memiliki warna yang beraneka ragam, termasuk tekstur, sifat dan bentuknya. Jamur yang layak dikonsumsi di indonesia antara lain jamur kancing, jamur merang, jamur kuping, jamur tiram putih dll. Tidak semua jamur dapat dikonsumsi. Pada jamur jenis tertentu justru mengandung zat yang mengandung racun

8. Kembang kol

Kembang kol merupakan sumber protein dengan kandungan lemak tak jenuh yang rendah dan asam omega-3 lemak esensial yang bermanfaat bagi tubuh. kembal kol juga mengandung serat dan mengandung gulami alami yang rendah.

Manfaat dari kembang kol antara lain mencegah diabetes, obesitas dan hipertensi. Zat yang bersifat antioksidan pada kembang kol dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

9. Tahu

Tahu merupakan hasil olahan dari kacang kedelai. Tahu juga merupakan asupan yang baik untuk dikonsumsi, kaya akan gizi dan mempunyai protein nabati yang memiliki komposisi asam amino paling lengkap.

Kandungan gizi yang terdapat pada tahu memang lebih sedikit dibandingkan gizi yang di dapat dari protein hewani. Dengan harga yang murah, tahu menjadi alternatif untuk mendapatkan gizi pengganti protein hewani.

10. Susu kedelai

Susu kedelai merupakan susu olahan yang bahan utamanya berasal dari sari kedelai. Meskipun susu kedelai ini tidak sepopuler susu sapi tapi kandungan pada susu kedelai kaya akan gizi. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli, susu kedelai memiliki kandungan gizi yang melampaui susu sapi.

Susu kedelai mengandung Isoflavon, dimana isoflavon merupakan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi yang membentuk flavonoid. Flavonoid ini mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Fungsi isoflavon antara dapat menurunkan kadar kolesterol darah, melancarkan metabolisme, menstabilkan darah, dll


Nah, demikianlah beberapa ulasan tentang 10 jenis makanan sumber protein nabati terbaik yang bisa cara-fitnesku.blogspot.co.id bagi untuk pembaca. Bagi anda vegetarian dan pelaku diet, mencoba sumber protein nabati terbaik seperti diatas tidak ada salahnya. Walaupun berasal dari tumbuh-tumbuhan namun kandungan protein dan gizi tidak kalah dari sumber makanan yang berasal dari protein hewani. Semoga bermanfaat :)

10 Jenis Makanan Sumber Protein Nabati Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi Susanto

1 comments:

  1. Terima kasih atas sharingnya mengenai makanan rendah kalori ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"