Wednesday, 23 September 2015

Perbedaan Bulking dan Cutting

Bagi anda fitness mania yang ingin memulai fase tertentu di dalam program latihan, tentu anda tidak asing dengan istilah bulking dan cutting. Kedua istilah ini selalu muncul saat anda memasuki fase akan tampil dalam menghadapi tournament bodycontest atau binaraga.

Bulking
Bulking tentu saja berbeda dengan cutting. bulking biasanya dilakukan saat off seassion sebelum bertanding. Jaman dahulu bulking diartikan bahwa mereka tidak peduli akan apa yang mereka makan, sampai berat badan sesuai dengan yang di inginkan. Bulking bertujuan untuk menambah massa otot bukan menambah berat badan kita. Proses bulking seringkali gagal karena konsumsi makanan yang tidak dijaga dengan baik. Akibatnya bukan massa otot yang bertambah namun timbunan lemak yang bertambah yang hanya akan menghambat proses dalam fase cutting. Untuk mengurangi lemak yang telah terkumpul maka akan dibuang pada fase cutting.

Cutting


Cutting bisa diartikan sebagai proses pengurangan lemak, pengeringan otot, dan pengencangan otot. Pada fase ini lemak yang telah tertumpuk pada saat bulking kita kurangi dengan cara latihan cardio disertai dengan angkat beban. Saat cutting makanan yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung tinggi protein, karbohidrat kompleks, dan lemak tak jenuh. Sumber karbohidrate kompleks bisa di dapat dari roti gandum, ubi-ubian, dll. Sedangan lemak tak jenuh bisa anda dapatkan dari ikan laut yang mengandung omega 3. Untuk lemak jenuh sebaiknya dihindari dahulu dalam proses cutting karena akan menghambat pada fase ini. Makanan yang mengandung tinggi serat juga perlu dikonsumsi seperti buah-buahan maupun sayur untuk memperlancar proses metabolisme tubuh.

Perbedaan Bulking dan Cutting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi Susanto

0 comments:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"